19 September 2020
23:05:57

Masuk
 
Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini:
333
Total pengunjung:
939267
Hits hari ini:
1110
Total hits:
4380930
Pengunjung online:
14

Selamat Datang di Sistem Uji Coba Petunjuk Teknis Standar Data!Help

A. Latar Belakang

Sejalan dengan Prinsip Satu Data Indonesia yaitu data yang dihasilkan Produsen Data harus (1) memenuhi standar data, (2) memiliki metadata, (3) dapat di bagi pakaikan (interoperabilitas) dan (4) menggunakan Kode Referensi dan Data Induk, maka sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Badan Pusat Statistik sebagai Pembina Data Statistik bertugas menetapkan Standar Data dan Metadata Statistik. Saat ini Badan Pusat Statistik telah berupaya menyusun draft Petunjuk Teknis Standar Data Statistik dan draft Petunjuk Teknis Metadata Statistik. Selain itu juga mengembangkan instrumen dan sistem yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan standar data dan metadata statistik sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

Dalam rangka pengesahan draft Petunjuk Teknis Standar Data Statistik dan draft Petunjuk Teknis Metadata Statistik serta implementasi instrumen dan sistem tersebut tentu memerlukan uji coba terlebih dahulu. Oleh karena itu dibutuhkan Uji Coba Metadata dan Standar Data Statistik untuk memastikan Petunjuk Teknis, instrumen, dan sistem Metadata dan Standar Data Statistik yang telah dikembangkan dapat diimplementasikan dengan baik.

B. Tujuan Uji Coba

  1. Mengetahui validitas dan reliabilitas Petunjuk Teknis Standar Data Statistik.
  2. Mendapatkan gambaran proses bisnis statistik di K/L dan mengukur kesenjangan proses bisnis antara K/L dan Pembina Data.
  3. Mendapatkan masukan jika terdapat kendala.

C. Alur Pengajuan Usulan Baru/ Pemutakhiran Standar Data

Berikut alur pengajuan usulan baru/ pemutakhiran standar data antara produsen data, walidata, dan pembina data. Pengajuan usulan standar data dalam hal ini HARUS MELALUI WALIDATA.

Alur Pengajuan Usulan sSDS

D. Cakupan Uji Coba

Usulan dalam kegiatan ujicoba ini diutamakan standar data lintas instansi di tingkat Pusat. Usulan standar data yang bersifat tidak lintas instansi maupun usulan tingkat daerah (kabupaten/kota/provinsi) belum menjadi urgensi karena keterbatasan waktu/periode ujicoba. Pengusulan standar data tingkat daerah dapat melalui walidata masing-masing instansi di tingkat Pusat.

E. Pelaksanaan Uji Coba

Pengajuan usulan standar data lintas instansi diharapkan diterima BPS melalui form pengajuan usulan website ini paling lambat pada:
Senin, 22 Juni 2020.

Materi ujicoba dapat diunduh pada http://s.bps.go.id/1506_MateriUjiCoba.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Subdirektorat Pengembangan Standardisasi dan Klasifikasi Statistik, Direktorat Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei melalui email baku@bps.go.id.

 

Berikutnya: [ Pencarian Standar Data ] >

 
Pencarian Cepat
Jenis Klasifikasi:
Kode/ Kata Kunci :


Top Kata Kunci Pencarian

KBLI 2009 Cetakan III:
konstruksi (hits: 694)

KBLI 2015 (Perka 2017):
Perdagangan (hits: 228)

KBJI 2002:
guru (hits: 122)

KBJI 2014:
guru (hits: 90)

KBKI 2012-2013 Barang Jasa:
jasa (hits: 36)