22 September 2019
23:07:09

Masuk | Daftar
 
Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini:
252
Total pengunjung:
762588
Hits hari ini:
1511
Total hits:
3692642
Pengunjung online:
23

Bantuan dan Tutorial

» KLASIFIKASI KOMODITI INDONESIA

Pengertian Dasar Klasifikasi Komoditi Indonesia (KKI)

KKI merupakan penjabaran lebih lanjut dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang mengelompokkan komoditi-komoditi yang dihasilkan dari seluruh kegiatan ekonomi menurut lapangan usaha yang menghasilkannya. Karena KBLI mencakup seluruh kegiatan sector ekonomi yang ada di Indonesia, maka penyusunan KKI juga diusahakan bersifat umum menyeluruh dan sesuai dengan jenis komoditi yang dihasilkan dari seluruh kegiatan ekonomi dalam berbagai lapangan usaha yang ada di Indonesia.

Penerbitan KKI sudah dilakukan tiga kali:

  • Diterbitkan tahun 1985 yang didasarkan pada Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia KLUI tahun 1983
  • Diterbitkan tahun 1991 yang merupakan revisi KKI tahun 1985 dan didasarkan pada KLUI tahun 1990
  • Diterbitkan tahun 1998/1999 yang merupakan revisi KKI tahun 1991 dan didasarkan pada KLUI 1997

Tujuan utama KKI ini adalah menyediakan suatu kerangka kerja untuk membuat perbandingan statistik secara internasional berkaitan dengan barang, jasa, dan aset. Selain itu juga sebagai dasar pengembangan daftar barang dan jasa untuk tujuan khusus seperti survei statistik harga-harga.

KKI mencakup semua jenis produksi yang diperdagangkan di dalam negeri maupun luar negeri, produksi yang merupakan hasil dari kegiatan ekonomi, baik barang yang dapat dipindahkan maupun barang dan jasa yang tidak dapat dipindahkan. Klasifikasi ini mencakup juga aset yang tangible seperti lahan maupun yang intangible seperti hak paten, lisensi, merek dagang, dan hak cipta.

Hubungan KKI dengan International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC)

KKI dan ISIC keduanya merupakan klasifikasi yang berfungsi umum, dimana ISIC menyajikan sisi aktivitas/kegiatan ekonominya, sedangkan KBHPI menyajikan sisi produk/ komoditi yang dihasilkan oleh suatu aktivitas/kegiatan ekonomi. Setiap kelompok komoditi dari KKI mencakup barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu class (golongan) tertentu dari ISIC. Masing-masing kelompok komoditi KKI mempunyai kaitan dengan aktivitas/kegiatan ekonomi pada ISIC, atau aktivitas/kegiatan ekonomi dimana barang atau jasa dihasilkan.

Hubungan KKI dengan Harmonized System

KKI meliputi komoditi-komoditi barang dan jasa yang disusun untuk menunjukkan pengelompokkan masing-masing komoditi menurut Kasifikasi Lapangan Usaha Indonesianya tanpa memperhatikan kualitas dan ukuran. Ini berbeda dengan penyusunan kode komoditi pada HS yang hanya meliput komoditi barang saja dengan memperhatikan kualitas dan ukuran. Sehingga tidak seluruh cakupan komoditi pada KKI terdapat pada HS.

Hubungan KKI dengan Standard International Trade Classification (SITC)

Hubungan antara KKI dengan SITC sama dengan hubungan antara KKI dengan HS, sebab SITC juga menggunakan sub heading HS sebagai pijakan untuk membangun pengelompokan komoditi yang lebih sesuai untuk keperluan analisis ekonomi dari sisi perdagangan.

Pengelompokkan komoditi dalam SITC menggambarkan:

  • Bahan-bahan yang digunakan dalam produksi;

  • Tahapan pengolahan;

  • Praktek pasar dan kegunaan dari produk;

  • Pentingnya komoditi-komoditi berkaitan dengan perdagangan dunia dan;

  • Perubahan teknologi.

Kesesuaian antara SITC dengan KKI untuk barang-barang yang dapat diangkut yaitu beberapa sub item pada SITC bersesuaian dengan satu kelompok komoditi KKI. Sedangkan suatu subklas KKI bersesuaian dengan satu atau lebih subitem pada SITC. Karena SITC seperti juga HS hanya mencakup barang-barang yang dapat diangkut, sehingga tidak ada kesesuaian antara Kategori Jasa-jasa pada KKI dengan SITC maupun HS.


... 5 6 7

Pencarian Cepat
Jenis Klasifikasi :
Kode/ Kata Kunci :


Top Kata Kunci Pencarian

KBLI 2015:
Perdagangan (hits: 4978)

KBLI 2015 (Perka 2017) *:
konstruksi (hits: 4530)

KBKI 2012 Barang:
ikan (hits: 1676)

KBLI 2009 Cetakan III:
konstruksi (hits: 676)

KBKI 2013 Jasa:
jasa (hits: 597)

KBJI 2014 *:
GURU (hits: 295)

KBJI 2014 *:
guru (hits: 207)

KBJI 2002:
guru (hits: 115)